KESENJANGAN DALAM ORGANISASI

Hidup di dunia ini tentunya kita tidak lepas bersosialisasi dengan orang lain. Bersosialisasi atau berinteraksi pasti akan timbul suatu perbedaan-perbedaan. Dari perbedaan tersebut tentunya timbul permasalahan, permasalahan tidak hanya saat kita berinteraksi dengan orang lain, kelompok dengan kelompok, permasalahan bisa juga timbul dari diri kita sendiri. Misalnya diri kita memiliki sifat yang negatif, sering marah, ngambek, selalu iri, selalu berburuk sangka pada orang lain. Bila orang tersebut memikirkan sifat-sifat itu dan membawa perubahan-perubahan nilai yang positif, maka konflik itu menuju kepositifan.

Di sebuah tempat masyarakat tentunya memiliki sebuah organisasi, atau kumpulan pengajian. Missal organisasi fatayat untuk ibu-ibu, organisasi pencinta alam pada umumnya diikuti oleh kalangan muda, kumpulan pengajian (thariqat, pengajian yasinan,dll). Dari organisasi-organisasi tersebut tentunya timbul suatu permasalahan. Muncul suatu perbedaan pendapat yang menimbulkan konflik,  contohnya dalam organisasi fatayat terbentuk suatu kepengurusan, orang-orang yang menjadi pengurus ternyata orang yang jarang sekali berangkat jika ada kumpul-kumpul bahkan orang yang menjadi pengurus diambil dari orang kaya. Tetapi orang yang kumpul-kumpul terus selalu  mengikuti pengajian fatayat tidak ditunjuk menjadi pengurus fatayat. Hal itu tentunya memicu suatu pertanyaan pada orang yang tidak kepilih menjadi pengurus, “ mengapa ibu itu dipilih menjadi pengurus, padahal kan jarang sekali berangkat?”, atau “apakah orang yang jarang sekali berangkat menjadi pengurus bisa mengetahui alur cerita dalam organisasi?”. 

Dari permasalahan tersebut akan menggunakan teori konflik. Teori konflik adalah teori yang memandang bahwa perubahan sosial tidak terjadi melalui proses penyesuaian nilai-nilai yang membawa perubahan, tetapi terjadi akibat adanya konflik yang menghasilkan kompromi-kompromi yang berbeda dengan kondisi semula. Konflik merupakan proses yang bersifat instrumental dalam pembentukan, penyatuan dan pemeliharaan struktur sosial. Permasalahan tersebut yang terjadi dalam organisasi fatayat termasuk in-group, konflik in-group bisa memperkuat organisasi bisa juga membawa kelemahan dalam organisasi, bahkan bisa memperburuk keadaan.

Organisasi fatayat yang sedang dilanda masalah cara menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah antara anggota-anggota fatayat dan pengurus-pengurusnya. Orang-orang yang memilih pengurus organisasi lebih selektif lagi. Orang-orang yang dipilih menjadi pengurus orang-orang yang selalu berangkat organisasi, karena dengan dipilihnya orang-orang tersebut sudah mengetahui luar dalamnya organisasi. Tetapi jangan mengabaikan orang yang jarang berangkat, selalu ada bimbingan, terus dibujuk berangkat, didekati, diajak ngobrol, dan lain-lain, agar orang itu rajin berangkat organisasi. Apalagi orang yang jarang berangkat adalah orang-orang kaya. Jika hal itu diperhatikan dapat menjadi kekuatan organisasi dan ada kelancaran jika akan mengadakan suatu acara tanpa pusing memikirkan suatu biaya. Tetapi dalam memilih pengurus dalam sebuah organisasi juga harus hati-hati, pilih orang yang mampu atau menguasai dalam suatu bidang pada bagian yang ia kuasai. Missal pengurus organisasi yang akan dipilih mampu membidangi jiwa kepemimpinan, maka orang tersebut dipilih menjadi ketua organisasi. Ada jalan lain juga pengurus organisasi ada rolling satu tahun sekali, orang yang tidak menjadi pengurus dijadikan pengurus pada intinya semua yang ikut organisasi dijadikan pengurus agar ada pembelajaran bagi orang-orang yang ikut organisasi. Dengan model macam itu organisasi ada penyatuan, pemeliharaan dan pembentukan organisasi menjadi lebih baik lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s